Always do your Best ! and let God do the rest !

Ciri-ciri Kucing Stress Pecinta Kucing Wajib Tahu

Halo gan apa kabar? Pernah nggak agan merasa stres? entah itu stres karena pekerjaan atau masalah lainnya. Jika agan pernah merasakan stres, ternyatan kucing juga bisa merasa stres loh gan. Hewan peliharaan kita seperti kucing juga pernah merasakan hal yang demikian seperti yang dirasakan oleh kita semua.

Ciri-ciri Kucing Stress Pecinta Kucing Wajib Tahu

Pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai ciri-ciri kucing stress nih gan. Penasaran kan bagaimana ciri-ciri kucing stress yang bisa menyerang kucing kesayangan anda. Yuk simak ulasannya berikut ini.



Penyebab Kucing Stress yang Harus Pecinta Kucing Ketahui

Sama seperti manusia stres yang dialami oleh kucing merupakan penyakit kejiwaan dan mental, jika kucing mengalami stres maka penanganannya adalah mencari sumber penyebab stresnya terlebih dahulu sebelum kita mengetahui ciri-ciri kucing stress dan mengobatinya. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan stres pada kucing :

1. Perubahan Lingkungan atau Perubahan Tempat Tinggal

Bagi agan yang baru saja melakukan pindahan dan mengajak sang kucing untuk menempati tempat baru. Bisa jadi kucing agan mengalami stress karena kcuing tersebut harus melakukan sebuah pengenalan dan adaptasi pada lingkungan barunya. Terkadang beberapa tipe kucing sangat rentan terkena stres jika di lakukan pemindahan tempat tinggal. Jika hal ini dalah penyebab kuicng stress, maka anda hanya perlu membiarkan agar kucing lebih terbiasa dengan lingkungan barunya.

2. Karena Melakukan Perjalanan Jauh

Melakukan perjalanan yang jauh juga bisa membuat kucing stress. Hal ini terjadi karena kucing masih belum terbiasa melakukan perjalanan, ditambah lagi jika menerima banyak goncangan kuat selama perjalanan berlangsung. Bagi agan yang membawa kucing dalam suatu perjalanan , sebaiknya agan pantau terus keadaan sang kucing jika anda berniat membawanya pergi jalan – jalan.

3. Stres pasca Melahirkan

Kucing stress juga bisa terjadi pasca kucing agan melahirkan. Hal ini terjadi pada kucing yang pertama kali melakukan persalinan karena sang induk kucing yang masih muda masih belum terbiasa menyusui dan mengurus anak mereka. untuk mengatasi masalah kucing stress yang satu ini, agan bisa memberikannya suplemen tambahan agar kucing tidak mengalami stress berkepanjangan

4. Stres dikarenakan Adanya Trauma

Terdapat berbagai macam jenis trauma yang bisa dialami oleh kucing. Misalnya trauma akibat dari perlakuan kasar sang majikan, perkelahian dengan kucing lain dan konflik antara binatang buas lainnya akan menyebabkan stres pada kucing.

Ciri-Ciri Kucing Stres

Kucing akan memiliki gejala atau tanda yang berbeda dari biasanya pada saat mengalami stres. Mungkin kamu bingung dengan keadaan kucingnya dan nggak tahu kenapa penyebab stresnya.

Di bawah ini, ada beberapa tanda dan ciri kucing mengalami stres yang perlu diketahui oleh para pecinta kucing, dan bisa menjawab pertanyaan yang terpendam dalam masalah pecinta kucing.

1. Suka menyendiri

Ciri-ciri kucing stres yang pertama adalah kucing menjadi suka menyendiri. Hal ini bisa agan lihat dari tingkah laku kuicng yang berubah menjadi suka diam di kandang saja dan bersembunyi di ruang-ruang tertutup.

Hal-hal tersebut bisa menjadi tanda kucing mengalami stres, kucing suka menyendiri dan mengacuhkan semua yang ada di sekitarnya, baik kedatangan orang asing maupun pemilik sendiri.Jika kucing agan mengalami hal demikian, berarti kucing agan sedang stress. Segera cek keadaannya gan.

2. Mengalami Muntah dan Mencret

Ciri-ciri kucing mengalami stress berikutnya adalah kucing akan mengalami muntah karena masalah pencernaan. Hal ini biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi kucing.

3. Grooming yang berlebihan

Groming yang dilakukan oleh kucing meman memiliki manfaat untuk mempercantik bulu kucing. Akan tetapi bila grooming dilakukan secara berlebihan dan tidak teratur akan berakibat fatal pada kucing. Jadi nih gan, jika kucing menjilati bulu-bulunya secara berlebihan dan sampai rontok bulunya, ini bisa menjadi kemungkinan si kucing sedang stres atau bulunya banyak kutu kulit.

4. Mengeong secara berlebihan

Jika kucing agan mengeong secara berlebihan bisa jadi kucing agan sedang stress karena mengadu dengan keadaan dirinya sendiri yang kurang beres.

5. Kurang Nafsu Makan

Ciri-ciri kucing stres selanjutnya adalah kucing akan memiliki nafsu makan yang kurang baik dibandingkan sebelumnya. Menurunnya nafsu makan bisa menjadi tanda-tanda kucing anda sedang mengalami stres.

Itulah beberapa ciri-ciri kucing stres dan penyebabnya yang bisa kami sampaikan. semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.