Always do your Best ! and let God do the rest !

5 Cara Mudah Mengobati Sakit Gigi Secara Alami & Terbukti Ampuh

15 Cara mengobati sakit gigi secara alami & terbukti mujarab - Ada pepatah mengatakan sakit gigi lebih sakit daripada sakit hati. Sakit gigi memang membuat kita kelimpungan atau susah. Sakit gigi membuat kita susah makan. Ujung-ujungnya kita jadi kelaparan. Apalagi sakit gigi membuat kita merasa enggak nyaman, karena gigi yang sakit berkedut-kedut. Mau makan susah, mau minum pun susah. Sakit gigi memang seringkali membuat mood seseorang jadi buruk. Malah kadang yang mengalami sakit gigi sampai menangis karena enggak betah dengan sakit yang dialami.

15 Cara Mudah Mengobati Sakit Gigi Secara Alami & Terbukti Ampuh



Sakit gigi sering disebabkan oleh gigi berlubang. dapat juga ketika gigi hendak tanggal, hal yang biasa terjadi pada anak-anak yang dalam masa berganti gigi susu ke gigi dewasa. Gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa hingga lansia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Penyebab gigi berlubang

Cara menyikat gigi yang salah
Jarang kita sadari bahwa kita menyikat gigi dengan cara yang salah. Mungkin ada sebagian yang beranggapan, Yang penting sikat gigi supaya mulut nggak bau. Hal ini tentu merupakan cara berpikir yang salah. Karena jika kamu asal-asalan menyikat gigi, maka sisa makanan yang ada pada gigi kamu enggak akan terbasmi dengan sempurna. Hal ini akan menyebabkan kuman-kuman pada sisa makanan membuat gigi kamu berlubang. Maka dari itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

Jarang menyikat gigi
Penyebab gigi berlubang selanjutnya ialah jarang menggosok gigi. Ketika kamu jarang & malas menggosok gigi kamu, maka bakteri & kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat & menyebabkan gigi kamu berlubang. Rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan & sebelum tidur.

Alat menyikat gigi salah
Memakai sikat gigi & pasta gigi yang enggak sesuai ternyata dapat menyebabkan lubang pada gigi kamu. Misalnya mulut kamu kecil namun memakai sikat gigi yang besar. Hal ini tentu akan membuat sikat gigi enggak dapat menjangkau semua gigi kamu dengan sempurna sehingga sisa makan yang tertinggal dalam mulut enggak terbasmi dengan baik.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis
Rasanya hampir semua makanan mengandung gula atau perasa makanan manis. Ketika kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan & minuman manis, bakteri justru kian nyaman bersarang di mulut kamu. Bakteri yang berkembang akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan.

Karies gigi
Penyebab gigi berlubang terakhir ialah karies gigi. Karies gigi merupakan penyakit infeksi pada gigi yang merusak struktur gigi. Jika enggak segera ditangani maka dapat jadi gigi kamu berlubang atau parahnya mesti dicabut supaya infeksi enggak menyebar. Karies gigi dapat disebabkan oleh enamel gigi yang enggak terbentuk sempurna, masuknya bakteri streptococcus mutans & lactoballi ke dalam mulut, & faktor-faktor lainnya

Mengalami sakit gigi memang enggak mengenakkan, apalagi jika gigi sudah berlubang & sampai mesti dicabut. Namun sebelum itu terjadi, ketika sudah terdapat tkamu-tkamu gigi ngilu, berkedut-kedut, segera atasi. Cara mengobati sakit gigi dapat langsung menuju dokter atau kamu mencoba cara mengobati sakit gigi secara alami.

Berikut cara mengobati sakit gigi secara alami.

Cara mengobati sakit gigi secara alami

Garam Dapur
Garam dapat digunakan sebagai mengobati sakit gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut kamu. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali kamu selesai sikat gigi supaya bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

Buah Lemon
Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami supaya kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari supaya bakteri benar-benar hilang.

Buah Jeruk nipis
Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

Buah Belimbing wuluh
Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut kamu. Caranya ialah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

Daun Buah Jambu biji
Daun jambu biji juga ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif sebagai cara mengobati sakit gigi karena mempunyai antibakteri, antiiflamasi, & analgesi yang kuat. Yang perlu kamu lakukan hanya menguyah jambu biji. Atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

Beberapa lembar Daun sirih
Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara mengobati sakit gigi. Apakah kamu pernah melihat nenek atau kakek kamu menguyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. Yang mereka kunyah ialah daun sirih. Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, & juga sebagai antiseptik alami. kamu dapat menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur

Bawang merah
Bawang merah mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya ialah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

Bawang putih
Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptic alami. Caranya ialah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

Asam jawa
Asam jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang dapat digunakan sebagai antiseptic alami. Caranya ialah dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit

Buah Cengkeh
Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Caranya ialah dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

Bubuk Merica
Merica berguna sebagai cara mengobati sakit gigi karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, & analgesik properti. Caranya ialah dengan mencampur merica & garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit

Tangkai Serai
Serai dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami. Selain itu seraii juga dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan gusi. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian gunakan untuk berkumur

Umbi Jahe
Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya ialah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air persan jahe untuk berkumur.

Getah Pohon jarak
Getah jarak mengandung antiseptic, antibakteri, & antibiotik yang tinggi. Caranya ialah dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit.

Air kelapa
Air kelapa juga berguna sebagai antiseptic alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.

Demikian artikel tentang Cara mengobati sakit gigi secara alami & terbukti mujarab, semoga salah satu cara diatas bisa cocok untuk mengobati sakit gigi kamu. sampai jumpa.